Posted on

Apa itu Inkscape ?

Inkscape adalah sebuah software vektor editor grafis mirip dengan Adobe Illustrator, Corel Draw, Freehand, atau Xara X. Apa yang membuat Inkscape berbeda adalah penggunaan Scalable Vector Graphics (SVG), standar berbasis XML W3C terbuka, sebagai format asli.

Inkscape sendiri dimulai pada tahun 2003 sebagai garpu kode proyek Sodipodi. Sodipodi, dikembangkan sejak tahun 1999, itu sendiri didasarkan pada Raph Levien Gill (Gnome Application Ilustrasi).

Garpu dipimpin oleh tim dari empat mantan pengembang Sodipodi (Ted Gould, Bryce Harrington, Nathan Hurst, dan MenTaLguY) yang mengidentifikasi perbedaan atas tujuan proyek, keterbukaan untuk pihak ketiga kontribusi, dan ketidaksepakatan teknis sebagai alasan mereka untuk forking. Dengan Inkscape, mereka mengatakan mereka akan memfokuskan pengembangan pada penerapan standar SVG lengkap, sedangkan Sodipodi pengembangan menekankan menciptakan tujuan umum vektor editor grafis, mungkin dengan mengorbankan SVG.

Sejak tahun 2005, Inkscape telah berpartisipasi dalam Program Google Summer of Code.
Sampai akhir November 2007, sistem pelacakan bug Inkscape yang diselenggarakan di Sourceforge. Setelah itu dipindahkan ke Launchpad.

Salah satu prioritas utama dari proyek Inkscape ini adalah antarmuka konsistensi dan kegunaan. Ini termasuk upaya untuk mengikuti pedoman GNOME antarmuka Manusia, aksesibilitas keyboard universal, dan nyaman di kanvas editing. Inkscape telah mencapai kemajuan yang signifikan dalam kegunaan sejak proyek dimulai.

Jumlah kotak dialog mengambang telah berkurang, dengan fungsi yang tersedia dengan menggunakan cara pintas keyboard atau di toolbar tersedia pada jendela pengeditan. Kontrol tool bar di bagian atas jendela selalu menampilkan kontrol yang relevan dengan alat saat ini.

Semua transformasi vektor, skala, rotasi dan posisi memiliki cara cepat yaitu dengan pengubah yang konsisten, misalnya, Alt mengubah oleh 1 pixel screen pada saat zoom, Shift mengalikan transformasi dengan 10, dll), tombol ini bekerja pada node di Node tool serta pada objek dalam Selector Tool. Operasi yang paling umum (seperti transformasi, zooming, z-order) memiliki satu-tombol pintas yang mudah.

Setiap objek dalam gambar dapat dikenakan transformasi secara acak misalnya bergerak, berputar, scaling, skewing dan matriks. Parameter transformasi dapat juga ditentukan secara numerik melalui dialog Transform. Transformasi dapat di letakkan ke sudut, kotak, pedoman dan node dari objek lain. Grids, panduan dan sifat gertakan didefinisikan pada basis per-dokumen. Sebagai alternatif, sebuah Align dan dialog yang telah disediakan dapat melakukan tugas-tugas penyelarasan umum pada objek yang dipilih misalnya garis mereka dalam arah yang ditentukan, ruang mereka sama, menyerakkan mereka secara acak dan menghapus tumpang tindih antara objek.

Obyek dapat juga dapat dikelompokkan bersama. Kelompok benda berperilaku dalam banyak hal seperti objek “atom” misalnya, mereka dapat kloning atau diberi warna menggunakan cat. Benda yang membentuk kelompok dapat diedit tanpa harus ungroup terlebih dahulu, melalui perintah Enter Kelompok, yaitu kelompok yang kemudian dapat diedit seperti lapisan sementara. Z-urutan benda dapat dikelola baik dengan menggunakan lapisan, atau secara manual memindahkan objek ke atas dan ke bawah dalam tumpukan Z. Lapisan dapat dikunci atau disembunyikan, mencegah memodifikasi dan seleksi disengaja.

Sebuah alat khusus, membuat Klon Ubin misalnya, disediakan untuk membuat gambar simetris atau grid-seperti menggunakan simetri pesawat. Obyek dapat dipotong, disalin dan disisipkan menggunakan clipboard. Namun, pada versi 0.46, Inkscape menggunakan variabel internal daripada clipboard sistem, yang membatasi operasi copy dan paste ke salah satu contoh aplikasi. Obyek dapat disalin antara dokumen dengan membuka mereka dari menu File di jendela sudah dibuka, bukan dengan membuka file kedua dari shell sistem operasi.

Contoh-contoh karya yang mengunakan Inkscape:

gallardo-screenshot-r10082-osx-murrine-theme (1)

inkscape

inkscape-0.46-engraving2

 

Berikut juga beberapa contoh video tutorial mengenai Inkscape:

 

Inkscape menyediakan tips dan petunjuk status bar untuk semua tombol, kontrol, perintah, tombol, dan pada kanvas-pegangan. Pesan petunjuk yang dinamis. Sebuah benda yang diberikan dapat menampilkan hingga empat petunjuk saat mengedit hanya dengan satu alat. Petunjuk memperbarui didasarkan pada dua item alat yang digunakan, dan jenis objek/ menangani objek yang sedang diedit misalnya teks, bentuk, jalan, warna, dll. maka akan muncul dengan keyboard lengkap dan referensi mouse (dalam HTML dan SVG ) dan tutorial interaktif beberapa SVG. Latar belakang Sodipodi (pendahulu Inkscape) didasarkan pada orang-orang dari CorelDRAW dan GIMP.

Itulah sedikit pembahasan tentang Inkscape, semoga bermanfaat 🙂

 

About pebbri2012

@Visual Communication Design 2012

Leave a comment